Jumat, 05 Oktober 2012

Teori Kabut Nebula


a.    Teori Kabut (nebula)
Teori kabut menjelaskan terbentuknnya tata surya melalui tahap.
1.    Pada mulanya matahari dan planet masih terbentuk kabut yang sangat pekat dan besar.
2.    Kabut tersebut berputar dan berpilin dengan kuat sehingga terjadi pemadatan di pusat lingkaran yang selanjutnya membentuk matahari. Materi tersebut dinamakan planet dan bergerak mengelilingi matahari.
3.    Materi-materi yang terbentuk tersebut tumbuh makin besar dan terus melakukan gerakan secara teratur mengelilingi matahari. Gerakan materi-materi tersebut berada dalam satu orbit yang tetap dan membentuk susunan yang disebut tata surya (keluarga matahari).

1.    Teori Nebula: Immanuel kant (1724-1804)
Immanuel Kant merupakan seorang filsuf dan ilmuwan Jerman. Pada tahun 1755, ia membuat hipotesis yang menyatakan bahwa tata surya terbentuk oleh gumpalan kabut (nebula) yang terdiri atas bermacam-macam gas. Nebula tersebut berpilin lambat. Gas-gas yang berukuran besar menarik gas-gas yang berukuran kecil sehingga membentuk gumpalan gas yang mirip dengan cakram. Pusat cakram membentuk gumpalan kabut bermassa besar yang kemudian menjadi matahari. Adapun gas-gas dibagian tepi mengalami penurunan suhu dan menyusut membentuk planet-planet yang mengelilingi matahari.
2.    Teori Nebula: Piere Simon de Laplace (1749-1827)
 Ahli fisika Prancis pada tahun 1796 ia menyatakan bahwa tata surya berasal dari kabut panas yang berpilin. Karena kabut selalu memancarkan panas di alam semesta yang dingin, kabut tersebut mengalami penyusutan dan membentuk bola gas. Akibatnya terjadi pemepatan di kedua kutubnya dan melebar di bagian ekuator menyerupai gelang-gelang karena penumpukan gas.
Pilihan bola gas yang makin cepat menyebabkan sebagian massa gas di ekuator makin menjauh dari bola gas, kemudian membentuk bola-bola gas yang lebih kecil dan mengelilingi bola gas awal. Bola-bola gas kecil tersebut kemudian mendingin menjadi planet, sedangkan bola gas awal menjadi Matahari.

0 komentar:

Posting Komentar

What time is it?

Calender

Chat :)


Postingan Populer

About Me

Foto Saya
Jessica Olivia
Lihat profil lengkapku

Pengikut