Rabu, 04 April 2012

Bab 1


Dasar-Dasar Internet

  1.  Internet merupakan ‘dunia baru’ yang penuh pesona. Internet diciptakan pada 1970-an.
  2.  Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antarjaringan computer (network).
  3.  Internet adalah jaringan computer global.
  4.  Internet berasal dari impian J.C.R Licklider (1915-1990) seorang psikolog di Massachusetts Institute of Technology.
  5. Internet dikembangkan dalam suatu penelitian militer Amerika Serikat yang disebut Advanced Research Project Agency Network (APRANet).
  6.  APRANet dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sejak 1969.
  7.  Untuk mendapatkan akses internet sebuah computer harus menggunakan jasa perusahaan peyedia layanan Internet atau Internet Service Provider.
  8. Hubungan (koneksi) antara computer pengguna dengan computer server perusahaan ISP biaasanya dilakukan lewat jaringan telepon (dial up) dengan menggunakan peralatan modem.
  9. Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer local yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. 
  10. Internet memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol), disingkat (TCP/IP).
  11. WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara masssal di seluruh dunia.
  12. Web adalah sekumpulan computer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel.
  13.  Pada 1992 muncul World Wide Web pertama dengan nama Viola yang dilincurkann oleh Pei Wei, berikutnya InterNIC didirikan pada 1993untuk menjalankan layanan pendaftaran domain.
  14. Homepage adalan halaman muka sebuah web site, berisi link-link ke halaman yang lain dalam web sdite yang sama atau web site lainnya.
  15.  Browser adalah aplikasi di Internet yang dipakai untuk menjelajah dunia Internet, contohnya : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan sebagainya.
  16. Keunggulan internet adalah jangkauannya bersifat umum, aksesnya tidak terbatasoleh waktu, lebih efektif dan efisien, dan komunikasi menjadi lebih interaktif.
  17. Kelemahan Internet adalah adanya penyebaran virus komputer, akses nya melambatjika banyak penggunanya, dan penggunaannya yang terlalu lama akan menghabiskan biaya yang besar.
  18. Satuan kecepatan akses Internet adalah kbps (kilobits per second) atau Mbps (megabits per second).
  19. Wireless broandband memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat, termasuk handphone, komputer, notebook, dan PDA.
  20. ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 104 kHz.

0 komentar:

Posting Komentar

What time is it?

Calender

Chat :)


Postingan Populer

About Me

Foto Saya
Jessica Olivia
Lihat profil lengkapku

Pengikut